MENGHINDARI VIRUS DI FACEBOOK

Akses akun facebook anda secara aman dengan tips menghindari virus di facebook karena anda pasti ingin data-data facebook atau pun aplikasi facebook anda tidak sampai rusak dan error oleh virus. Banyak para hacker dengan mudah menyusup untuk melakukan infeksi dan membuat kacau sistem komputer anda. Facebook menjadi sasaran karena termasuk social networking terbesar dan banyak digunakan saat ini, sebagai contoh yang banyak terjadi adalah serangan dari Koobface worm dan sejumlah aplikasi aneh berisi virus jahat. Berdasarkan kejadian tersebut pihak Facebook dan Trend Micro selalu memberi saran pada kita agar tetap berhati-hati dalam mengelola dan memberikan informasi akun facebook kepada orang lain.

Artikel ini sangat berhubungan erat dengan tips keamanan facebook yang sudah saya tulis sebelumnya dan semoga dengan tips yang berikut ini dapat lebih memberikan kita pengetahuan lagi. Di bawah ini beberapa tips ampuh sebagai antisipasi dari serangan virus di facebook :
  1. Berhati-hati dalam melakukan instal aplikasi. Yang terbaik adalah tidak instal aplikasi facebook yang dikirimkan oleh orang yang tidak kita dikenal terutama bagi aplikasi-aplikasi aneh yang tidak umum terdapat dalam facebook.
  2. Tidak mengklik link yang terlihat aneh. Jika link tersebut terdapat kejanggalan, lebih baik jangan di klik. Jika dikatakan link tersebut berasal dari salah satu teman anda, sebaiknya konfirmasi terlebih dahului pada teman tersebut. Bisa saja si pengirim link berpura-pura menjadi teman anda.
  3. Pastikan aplikasi itu bukanlah sesuatu yang mengharuskan anda untuk melakukan verifikasi identitas yang lengkap dan rahasia. Anda perlu berhati-hati dengan informasi yang diposting ketika akan mengakses game facebook dimana para penggunanya harus membagi 25 fakta secara acak berkaitan dengan diri dan teman-teman anda.
  4. Beri pertanyaan tambahan untuk melindungi akun anda. Cara ini akan membantu untuk membuktikan identitas andai sewaktu-waktu informasi akun anda dicuri orang lain.
  5. Laporkan setiap spam dan kejanggalan yang anda temukan pada akun anda melalui link yang telah disediakan oleh facebook.
  6. Waspada dengan situs-situs yang mirip dengan facebook. Jangan mudah memasukkan password kecuali anda benar-benar yakin berada dalam situs facebook yang asli.
  7. Lindungi password anda. Jangan gunakan password yang sama dengan yang anda gunakan untuk situs lain. Yang lebih penting lagi, jangan pernah memberitahukan password pada siapa pun.
  8. Meski anda tidak menggunakan facebook, ada baiknya membuat profil pada situs-situs tertentu. Hal ini untuk menghindari agar tidak ada orang yang menggunakan nama dan profil anda untuk mengelabui orang lain.
Semoga tips keamanan yang salah satunya menghindari virus di facebook tersebut dapat membuat kita lebih waspada lagi.......

Leave a respond

Posting Komentar